Berita

JADIKAN ANAK KITA SEBAGAI ANAK YANG KUAT DAN HEBAT, DENGAN MENYEKOLAHKAN DISEKOLAH YANG TEPAT

10 Maret 2021

Pandemi yang terjadi sejak maret 2021 hingga saat ini banyak membuat perubahan besar dalam kegiatan atau aktifitas kita sehari-hari. Beberapa kegiatan juga harus terhenti, mau tidak mau, suka tidak suka kita harus terima dan berdamai dengan keadaan. Begitu pula yang dilakukan oleh SMP Al muslim pada hari sabtu 27 februari 2021. SMP Al muslim mengadakan webinar parenting dengan tema peran orang tua dalam menyikapi adiksi gadget bersama dengan ibu Analisa Widyaningrum,M.Psi., Psikolog

Pada awal pembukaan Mba Ana bertanya kepada audien mengenai apa yang ayah bunda atau orang tua rasakan selama pandemic ini? Tentu berbagai macam jawaban mengenai keluhan dan ungkapan sudah dapat tergambarkan. Lelah, Galau,pusing, main HP jadi susah di control dan masih banyak lagi jawaban lainnya. Mba Ana juga menjelaskan pada penelitian WHAO pada tahun 2020 menyatakan bahwa semua orang sedang mengalami pandemic fatigue, dimana orang tua semakin menfokuskan sesuatu diluar kendali, mereka mengalami kesulitan dalam mengatur waktu kerja, kelelahan dalam pengasuhan dan anak yang sekolah dari rumah.

Dengan kondisi perasaan orang tua yang demikian tentu menjadi sebuah tantangan, bagaimana cara orang tua bijak dalam mengontrol diri, dan mengkondisikan anak untuk tetap menyelesaikan tugas, dan tanggung jawab mereka hingga tuntas, baik di sekolah ataupun di rumah. Pada kenyataan dilapangan hampir 30% anak tidak dapat melakukan hal tersebut. Padahal anak anak mengabiskan waktu 10-15 jam setiap hari untuk menggunakan gadget, dan membawa kemanapun mereka pergi. Ketika ditanya apa yang mereka lakukan? mereka selalu menjawab untuk mengerjakan tugas sekolah, menghilangkan kebosanan dll. Bahkan beberapa anak sudah mulai enggan untuk melakukan aktivitas diluar kamar, mengunci gadget dengan password dan membatasi orang tua untuk berinteraksi.

Pada 90-an orang tua tidak mengalami hal semacam ini, mereka lebih sering menyuru anaknya untuk masuk rumah, dan pulang kerena mereka terlalu banyak mengahbiskan waktu di luar rumah. Tidak mungkin ada asap kalau tidak ada api, begitulah ungkapan yang paling tepat.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Salah satu jawabannya adalah Gadget. Ayah Bunda, tahukah mengapa Gadget lebih menarik untuk Anak? Jawabannya karena Gadget memberikan secara emosi sesuatu yang anak butuhkan,dan secara visual memberikan sesuatu yang menarik untuk bagian otak depan, juga menarik emosi sehingga membuat anak Happy. Jika orang tua tidak dapat membangun situasi, dan relasi yang baik antara orang tua dan anak, maka anak akan berusaha mencari kesenangan dengan menggunakan gadget inilah yang di sebut Adiksi.

Lalu bagaiamana cara kita sebagai orang tua untuk menyikapi beberapa hal tersebut?

Menurut hasil penelitan di University of Washington ternyata anak- anak hanya membutuhkan waktu yang berkualitas dengan orang tua, dengan demikian mari jadikan anak kita sebagai prioritas, luangkan waktu dan berikan mereka kebebasan yang mempunyai aturan. sehingga tidak ada password, jarak dan rahasia diantara orang tua dan anak. Tidak hanya itu, Ayah Bunda juga dapat menerapkan V.I.C.R dengan mengajari anak anak kita bahwa mereka harus punya Visi, Ideologi, Consekunsi, dan Responbility.

Ayah Bunda tentu menjadi impian semua orang tua untuk memiliki anak yang kuat dan hebat. Maka marilah kita jadikan anak- anak kita sebagai anak yang kuat dan hebat, menyekolahkan disekolah yang tepat dengan penguatan agama dan ahlak.

SMP Al Muslim juga sedang berupaya mengimbangi kemajuan teknologi, mengurangi adiksi gadget dan memberikan layanan terbaik dalam pembelajaran dengan meluncurkan Platfom My Al Muslim. My Al Muslim ini merupakan Learning Management System yang berbasis web atau akrab disapa dengan sebutan Si-AlimWeb.

Dalam penggunaan Si-AlimWeb ini siswa dapat login tanpa email. Mereka hanya menggunakan Nomor siswa dan password. Si-AlimWeb ini memiliki fitur lengkap yang di desain untuk memudahkan siswa dan orang tua dalam melihat jadwal pelajaran, rekap presensi, dan rekap penugasan. Selain itu Si-Alimweb ini juga memiliki beberapa fitur pendukung yang mudah diakses yang Pertama menu link video conference, kedua ada Forum Diskusi Klasikal, ketiga ada Forum Diskusi Kelompok Online , keempat, Virtual Lab, kelima Fitur Uploud Tugas, keenam fitur akses sumber belajar, dan yang terakhir fitur notifikasi pergantian Mapel.

Ayah Bunda anak-anak kita adalah generasi penurus bangsa, dan calon pemimpin masa depan mari kita jaga bersama dan selamatkan mereka dari bahaya Adiksi. Tidak apa apa terlambat dalam bertindak dari pada tidak bertindak apa apa. *EIN