Berita

Untitled Document

GOOOOOLLLLLLL BOLA CITA-CITAKU BERSARANG DI GAWANG SD AL MUSLIM

09 Juli 2018

Senin, 9 Juli 2018. SD Al Muslim, Sidoarjo. Hari pertama masuk sekolah, awal tahun pelajaran 2018/2019 di SD Al Muslim dimulai. Sementara itu, piala dunia memasuki putaran babak perempat final. Menyisakan Belgia, Perancis, Kroasia, dan Inggris. Lalu apa hubungan piala dunia dan awal tahun pelajaran baru?

Sudah lazim diketahui umum, bahwa tahun pelajaran baru membawa kesibukan dan beban mental tersendiri bagi siswa-siswi, terutama mereka yang memasuki jenjang sekolah baru. Banyak diantara mereka yang sangat senang dan antusias memasuki sekolah baru. Tak sedikit pula yang datang dengan gamang dan takut-takut. Maklumlah, bertemu dengan teman-teman baru, guru baru, gedung sekolah baru, dan lingkungan sekolah yang baru pula. Untuk menjembatani kecanggungan inilah maka pada awal tahun pelajaran ini panitia penyambutan siswa baru SD Al Muslim memadukan eforia piala dunia dan motivasi belajar siswa.

Kegiatan penyambutan siswa baru hari ini dimulai dengan kesibukan ustadz-ustadzah menyiapkan bola, gawang yang dihias bendera peserta piala dunia dan bendera merah putih tentunya (dengan harapan semoga empat tahun lagi Indonesia dapat menjadi peserta piala dunia). Dan upacara  penyambutan siswa baru pun dimulai. Pukul 07.30 WIB semua siswa berbaris rapi di halaman indoor SD. Acara diawali dengan pembacaan ikrar (membaca asmaul husna dalam bahasa Arab, Inggris, dan Indonesia) yang dipimpin oleh Abroor siswa kelas VI. Sambutan Kepala Sekolah oleh Ustadzah Ima dilanjutkan penyematan name tag dan topi sebagai simbol peresmian Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Selanjutnya doa dipimpin oleh Ustadz Agus Salim selaku Waka Kesiswaaan SD dilanjutkan halah bi halal. Seluruh siswa bersalaman dengan ustadz-ustadzah dan teman-temannya. Siswa kelas II-VI masuk kelas maasing-masing. Menyisakan siswa kelas I di tengah lapangan indoor untuk melanjutkan prosesi menggolkan bola cita-cita ke gawang.   

Prosesi pengegolan bola cita-cita ke gawang dimulai dengan atraksi peserta ekskul futsal melakukan jagling dan atraksi yang menarik lainya diiringi lagu-lagu piala dunia dan lagu lain yang bertema bola yang membakar semangat anak-anak. Sambil menyaksikan atraksi ekskul futsal siswa kelas satu menempelkan stiker cita-cita mereka di permukaan bola masing-masing. Satu anak mendapat satu bola. Selanjutnya mereka bergantian mengegolkan bola cita-citanya ke gawang. Yang unik dari prosesi mengegolkan bola cita-cita ini, penjaga gawang tidak berfungsi untuk menghalangi bola masuk gawang, justru mengambilkan bola yang belum masuk gawang untuk ditendang ulang sampai goolllll. Ada pula kejadian lucu ketika beberapa siswa-siswa menendang, yang melesat lepas bukan bolanya melainkan sepatunya. Tetapi kejadian itu tidak membuat mereka menangis, semua tertawa senang dan penuh semangat menendang lagi hingga goll. Wali murid yang hadir pun ikut bersorak dan berteriak golllll. Maka awal tahun pelajaran ini pun telah dimulai dengan penuh semangat dan suka cita.

Kepala SD Al Muslim, ustadzah Ummul Jazilah, S.Ag menyatakan bahwa tujuan diselengggarakannya kegiatan ini adalah untuk menambah minat sekolah siswa-siswi sehingga mereka menjadi semakin senang dan bersemangat untuk datang ke sekolah.  Filosofi dari kegiatan ini adalah semoga dengan golnya bola cita-cita ke gawang gol pula cita-cita mereka kelak. Aaamin.* Ustadzah Muya BMC Al Muslim.