Berita

CAMPING KID'S & OUTBOUND SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI ANAK KB–TK AL MUSLIM

15 Februari 2018

Rasa percaya diri (PD) merupakan modal utama bagi kesuksesan seseorang, berawal dari kepercayaan dirilah maka semua potensi seseorang akan muncul dan terbaca oleh lingkungan. Demikian pula dengan rasa PD anak pada teman baru, guru baru dan lingkungan baru seringkali menekan rasa PDnya, hingga yang muncul adalah malu-malu, mematung diri dan diam seribu bahasa. KB – TK Al Muslim, mempunyai banyak cara yang jitu dalam mengasah kemampuan ini, cara yang pasti sangat disukai anak-anak. Camping Kid’s & Outbound merupakan salah satu alternatif kegiatan yang dapat meningkatkan PD anak.
 
Sekitar 145 siswa memenuhi halaman dan area sekitar KB-TK Al Muslim di Jl. Raya Wadungasri nomor 39 F Sidoarjo, mereka melaksanakan kegiatan camping kid’s dan outbound mulai pukul 07.30-15.45 WIB, dipandu oleh para ustadza KB-TK Al Muslim yang sudah berpengalaman, dengan tema “Serunya Bermain dan Membangun Kerjasama” (Kamis, 15/2).
 
“Kegiatan camping kid’s dan outbound merupakan agenda rutin tiap tahun, kegiatan tersebut adalah salah satu dari program unggulan Leadership Al Muslim. Kegiatan ini selain melatih PD anak, juga sebagai ajang menumbuhkan keberanian & disiplin anak, melatih menghadapi tantangan, dan mengembangkan kemampuan sosial anak”, tutur Siti Umroh selaku kepala KB-TK Al Muslim.
 
Suasana riang gembira nampak pada KB-TK Al Muslim, mereka dibagi menjadi 10 tim nama buah-buahan misalnya buah naga, anggur, jeruk, apel, dll. Semua anak menggunakan tanda peserta sebagai identitas timnya, mereka yang menjadi ketua dan wakil tim ditambah sleyer pita dan setiap tim didampingi oleh seorang guru. Tantangan yang harus dilalui peserta ada 3 pos antara lain estafet rompi di depan sawah Al Muslim, estafet isi air dengan sendok di lapangan, dan ulat berjalan di hal. Sebelum peserta melakukan tantangan, mereka wajib beryel-yel dahulu dipimpin oleh ketua timnya”, papar ketua kegiatan camping kid’s & outbound, Dewi Nasuhah.
 
   
 
Acara camping kid’s & outbound diawali dengan senam bersama dipimpin oleh Talita Quin kelompok B-3. Selanjutnya secara berkelompok mereka menuju pos-pos yang sudah ditentukan dengan pendampingan seorang guru secara bergantian. Seluruh peserta sangat antusias melakukan tantangan pada setiap pos, kerjasama dan kekompakan tim sangatlah diperlukan.
 
Usai outbound, peserta diberi kesempatan istirahat, kelompok bermain dan kelompok A beristirahat di kelas, sedangkan kelompok B menikmati istirahat dan bermain di tenda yang sudah didirikan sebelumnya. Sebanyak 54 anak kelompok B TK Al Muslim sangat semangat dan antusias melanjutkan rangkaian acara camping kids di lingkungan sekolah, antara lain membaca buku (membiasakan anak suka membaca), menggambar lingkungan kemah, dan pengenalan permainan tradisional yaitu engkle dan dakon di area tenda. Mereka berjamaah shalat dhuhur, Zidan B-1 sebagai muadzin dan iqomah, imam oleh Azzah B-3, dan penceramah Azka B-2, dilanjutkan makan siang dan tidur siang di dalam tenda. Sebelum menunaikan shalat ashar peserta camping kid’s diajak membongkar tenda.
 
Karena semua yang dilakukan di perkemahan untuk tujuan dan kepentingan umum, mau tidak mau, anak akan berlatih mengendalikan emosi dan egonya. Membiarkan anak berada di alam terbuka dapat mendorong rasa penasaaran anak untuk menggali pengetahuan tentang apa saja yang ada di sekitarnya. Selain itu, anak akan belajar bekerja sama dengan yang lain, belajar bagaimana cara membuat tempat peristirahatannya sendiri, dan menyiapkan kebutuhan sendiri. Berkemah juga baik untuk merangsang kecerdasan natural anak. Sangat menarik...kan? tambah Dewi Nasuhah.
 
 
 
Pada Akhir acara dibagikan hadiah kepada tim terbaik dan terkompak. “Kegiatan ini juga sebagai wahana melatih rasa tanggung jawab dan memupuk jiwa kepemimpinan anak sejak dini”, imbuh Siti Umroh. Ustadzah Siti Aminah (Humas Al Muslim)