Berita

BELAJAR BERTERNAK SEJAK USIA DINI

15 September 2012

 


Green Education merupakan salah satu program unggulan Lembaga Pendidikan Al Muslim. Salah satu pilar GE; mengenal hewan dan tumbuhan. Guna merealisasikan program ini, kegiatan nyata dan langsunglah yang mampu memberikan pengalaman dan pembelajaran nyata bagi anak didik, terutama anak usia dini , yang memerlukan pengalaman hidup yang menyenangkan sekaligus mengandung unsur edukasi.

Kunjungan ke peternakan sapi perah, (Selasa4/9) yang berlokasi di daerah Bendul Merisi Surabaya ini diharapkan mampu memberikan pembelajaran langsung kepada anak didik, yaitu siswa TK B Al Muslim. Sebanyak 55 siswa di ajak untuk melihat secara langsung peternakan sapi, di sana para siswa dapat melihat makanan , praktek proses pemerahan susu sapi.

Selain itu  para siswa di harapkan untuk memahami betapa pentingnya hewan dalam kehidupan manusia, khususnya manfaat binatang sapi. Hal ini mampu menggugah rasa bersyukur kepada Allah atas semua ciptaan-Nya.

Rasa ingin tahu yang tinggi dan keberanian para siswa patut di banggakan, tanpa  rasa takut,  para siswa berani memberi makan rumput pada sapi, bahkan tiap anak berani mencoba untuk memerah susu sapi. Hal yang tak kalah menariknya ketika para siswa masuk ke kandang  anak sapi. Rasa bangga sangat tampak saat berani memegang anak sapi. Tanpa terasa waktu kunjungan sudah habis, oleh-oleh susu sapi matang segar sehat bisa di bawa pulang.

Apabila siswa TK B ke peternakan sapi, maka siswa TK A di ajak berkunjung ke peternakan bebek petelor di daerah Candi Sidoarjo(Rabu,5/9). Sebanyak 75 siswa sangat gembira saat melihat dan mendengar suara bebek di peternakan. Tanpa rasa takut atau jijik para siswa masuk ke kandang dan mengambil telor bebek. para siswa juga bisa melihat para pekerja yang sedang mencuci telor bebek dan siap di asinkan, melihat proses pembuatan telor asin dan tempat pengovenan telor asin.

Praktek  pembuatan telor asin bersama  pemilik peternakan  dan  merasakan telor asin mampu menjawab semua rasa ingin tahu siswa. Mereka sangat antusias untuk mencoba menutupi telor bebek dengan batu bata merah yang sudah di campur garam. Pemilik peternakan juga menjelaskan bahwa perlu  menunggu 10 hari supaya telor bebek jadi asin, lalu di cuci bersih dan di rebus. Wah...perlu kesabaran ya..Ayo kita coba buat telor asin di sekolah. (Nur Fadhilah)