Berita

Untitled Document

BELAJAR MENANAM KANGKUNG SISWA TK A-3 DI KEBUN AL MUSLIM

03 Oktober 2018

ayo siapa yang mau tanam kangkung duluan

aku ustadzah aku mau itu, teriakan anak - anak

Pagi ini hari selasa tanggal 25 September 2018 siswa TK A-3 berkesempatan menanam biji kangkung di kebun sekolah. Menanan biji kangkung adalah salah satu serangkaian kegiatan materi Green Education di Al Muslim. Program unggulan yang mengajarkan siswa tentang mengenalkan lingkungan sekolah, bekerja sama dalam kelompok, dan menghargai orang lain. Kegiatan dimulai dengan berkumpul didepan kebun sekolah dengan melepas sandal agar para siswa bisa langsung merasakan tanah secara langsung. Siswa TK A-3 sebanyak 14 siswa menanam biji kangkung dikebun sekolah yang sudah disediakan tim Green Education dibimbing oleh Ustadzah Zaimatus Zaifaro dan Ustadzah Ummu.

Pada pembelajaran ini siswa ditunjukkan bagaimana cara menanam dan merawat tananam, mulai dari proses menanam sampai memanennya. Tak kalah penting siswa praktek secara langsung mulai dari proses membuat lubang tempat menanam biji, mengisi lubang, menutup kembali dan menyiram.

Kangkung adalah salah satu sayur yang biasanya di makan siswa disekolah dengan dijadikan sayur asem. Sayur kangkung mengandung fosfor, serat, zat besi sitosterol dan hentriakontan yang cukup tinggi. Sayuran ini baik untuk tubuh kita. Ustadzah juga menginformasikan kepada siswa TK A-3 untuk memanennya masih menunggu 1 bulan lagi jadi harus bersabar, selalu menyiram dan merawatnya.

Proses menanam kangkung sangat menyenangkan bagi siswa, karena pengalaman yang pertama dan menarik. Mereka langsung turun menginjak tanah yang gembur dan lembek, siswa satu persatu praktek membuat lubang dan menanam biji secara bergantian. Sungguh pengalaman yang sangat mengesankan dan menyenangkan bagi siswa.

Menanam adalah praktek secara langsung yang dilakukan oleh siswa, hal ini penting untuk perkembangan bahasa, sosial, kognitif  pada anak usia 4 – 5 tahun. Ternyata banyak manfaat dari menanam di kebun sekolah. Kegiatan pembelajaran menanam ini siswa belajar untuk mencintai alam dengan cara yang sederhana namun menyenangkan.

 

                                                                                    Ustadzah Nanik Indawati, TK Al Muslim