Berita

Untitled Document

ASYIKNYA BELAJAR TANAMAN BUAH DI KEBUN SEKOLAH

01 November 2018

Terdapat berbagai macam kegiatan sekolah yang dapat di lakukan untuk merangsang perkembangan anak, apalagi perkembangan anak di usia dini mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga pemberian rangsangan melalui kegiatan yang bermanfaat akan mengoptimalkan masa golden age tersebut. 

Salah satu kegiatan tersebut adalah dengan mengajak anak belajar tema tumbuhan buah di kebun sekolah, belajar di kebun sekolah adalah media pembelajaran yang terintregarsi dengan program unggulan TK Al Muslim yaitu Green Education pada aspek tumbuhan dan hewan.

Pada hari selasa (30/10/2018) siswa TK A3 yang berjumlah 14 siswa dengan di dampingi ustadzah kelas, melakukan kegiatan pembelajaran tema tanaman (buah) di kebun sekolah, di sana siswa dia ajak langsung untuk melihat tumbuhan dengan buah yang sedang tumbuh, salah satunya adalah tumbuhan nangka yang mempunyai buah sangat banyak.

Setelah mendengar penjelasan tentang macam-macam tumbuhan dan manfaat makan buah, siswa diajak praktik untuk membedakan tekstur buah kasar dan halus, dengan memegang buah yang sudah di siapkan ustadzah satu per satu, diantaranya buah salak dan jeruk, kemudian siswa di ajak untuk menyebutkan ciri-ciri buah salak dan jeruk.

Kegiatan di lanjut dengan praktik mengelompokkan gambar buah berkulit kasar dan berkulit halus, setelah menyimak penjelasan ustadzah cara mengelompokkan gambar buah,  dengan sangat antusias dan semangat siswa mengerjakan tugas tersebut.

Manfaat yang bisa dia ambil dari kegiatan belajar di kebun ini adalah anak lebih mudah memahami bila belajar dari benda konkrit, menanamkan kecintaan pada alam dan sang pencipta, memberikan pengertian bahwa belajar tidak harus di kelas, memacu keaktifan siswa, meningkatkan keakraban antara siswa dan guru.

                                                                                                            (Ustadzah Mudji / TK)