Berita

AYO, RE-CHARGE MOTIVASI SALAT DAN PERINGATAN ISRA MIKRAJ

10 Maret 2021

Disyariatkannya salat disatu sisi sebagai pembuktian ketundukan dan penghambaan diri terhadap Allah SWT dan disisi lain sebagai bentuk syukur terhadap nikmat dari Yang Maha besar. Di antaranya adalah, nikmat penciptaan makhluk. Di samping itu, salat akan memberikan manfaat atau hikmah yang akan dirasakan para ahli salat baik di dunia dan di akhirat kelak. Namun kenapa disaat orang salat dalam kehidupannya tetap tidak berbuat baik, kepada sesama saling membenci, egois, selalu menghujat orang lain, tidak disiplin bahkan kenakalan remaja saat-saat ini banyak terjadi di masa pandemi.

Berlatar belakang kondisi tersebut OSIS SMP Al-Muslim mengadakan Webinar tentang pengaruh salat dalam kehidupan sehari-hari bersamaan memperingati Isra Mikraj pada Selasa, 9 Maret 2021. Webinar kali ini yang bertemakan "Ayo, Re-Charge Motivasi Salat" diikuti oleh kurang lebih 270 peserta terdiri dari seluruh siswa siswi dan para ustad/ah SMP Al Muslim. Tema webinar ini sangat dibutuhkan sekali dalam kondisi saat ini, dimana seorang muslim maupun muslimah terutama siswa-siswi dalam masa transisi pencarian jati diri diusia SMP saat ini diperlukan sekali.

Apabila orang Islam telah menegakkan salat secara sempurna (niat-syarat-rukunnya), khusyuk, dan ikhlas dalam pengamalannya, maka salat tersebut akan memberikan dampak yang positif terhadap suasana batin, kejiwaan, atau psikologisnya yang tenteram. Kondisi ini amat mendukung bagi terbentuknya kepribadian (personality) yang utuh, sehat, produktif, atau efektif.

Salat berintikan doa, bahkan itulah arti harfiahnya. Doa adalah keinginan yang dimohonkan kepada Allah SWT. Jika berdoa atau bermohon, harus merasakan kelemahan dan kebutuhan dihadapan siapa yang kepadanya bermohon. Hal ini harus dibuktikan dalam ucapan dan sikap. Orang yang melaksanakan salat adalah mereka yang butuh kepada Allah serta mendambakan bantuannya. Orang yang memahami hakikat salat akan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam gerakan-gerakan salat tersebut menjadi sebuah akhlakul kariimah, akhlak yang baik bagi pribadinya dan dapat bersosialisasi dengan yang lain sebagai pemimpin yang rahmatalilalamin.

Dengan dihadirkannya narasumber Guru Agama sesuai pakarnya, hal ini agar siswa siswi untuk terus belajar melaksanakan salat dengan benar dan memaknai arti salat sehingga dapat diimplemenatasikan dalam kehidupan sehari-hari dan menambah semangat lagi osis menyediakan doorprize bagi penanya terbaik begitu ungkapan ustad nasrul.