Berita

6TH GRADE GOES TO BALE TANI JOMBANG

16 Mei 2018

Warna merah turut menceriakan pagi itu. Senin, 14 Mei 2018 pukul 06.00 WIB. Siswa kelas 6 SD Al Muslim dengan senyum lebar dan semangat bersiap-siap melakukan perjalanan ke Bale Tani Bareng Jombang. Dalam persiapan pemberangkatan, ada pengalaman berharga yang didapat siswa kelas 6. Disiplin waktu dapat membuat kegiatan berjalan sesuai rencana. Remember ya, always on time.

Perjalanan Sidoarjo-Jombang ditempuh cukup singkat dengan melewati Tol Mojokerto. Pukul 08.30 WIB rombongan pun tiba. Apa saja sih kegiatan yang dilakukan siswa kelas 6 ? Simak ya pemaparan berikut.

Kegiatan pertama yang dilakukan siswa kelas 6 adalah sesi pengambilan foto untuk buku kenangan. Sesuai dengan kelasnya, seluruh siswa kelas 6 berfoto dengan teman sekelas dan sahabat terdekat. Ada banyak Spot foto yang seru dan menarik di Bale Tani Jombang. Setelah kegiatan berfoto siswa melakukan kegiatan edukasi. Seluruh siswa kelas 6 dibagi dalam 2 kelompok. Dengan bimbingan 2 guide, siswa kelas 6 belajar bagaimana cara penyiraman tanaman pertanian. 2 jenis sayuran yang ditanam di Bale Tani yaitu selada merah dan sawi. Tanaman sayur tersebut dirawat dengan 3 cara penyiraman yaitu melalui pipa berlubang yang dipasang mengelilingi tanaman, teknik injeksi yaitu memasang selang kecil menancap ke dalam tanah dan teknik sprayer yaitu pipa dengan spray  diujungnya yang bisa bergerak memutar. Tawa ceria dari siswa pun segera meramaikan suasana pembelajaran di lapangan saat itu karena pipa sprayer dinyalakan dan menyemprotkan air secara memutar. Kontan beberapa siswa menghindari cipratan air dari spayer tersebut. Grrrr....

Pembelajaran dilanjutkan ke tempat pembenihan. Disana telah disediakan benih tanaman cabe. Guide dengan terampil dan cekatan mempraktikkan dan menjelaskan bagaimana menanam benih tanaman cabe tersebut sampai ketahap memindahkan benih tanaman ke dalam polybag. Seluruh siswa ikut mempraktekkan menanam benih cabe tersebut. Dan, membawa pulang tanaman cabe tersebut untuk dilanjutkan dengan dipelihara di rumah, Alhamdulillah.. Pada kesempatan ini siswa mendapatkan ilmu bagaimana mendapatkan pengalaman menanam sayuran yang bias juga dilakukan di rumah.

Pada pembelajaran berikutnya, siswa diberikan penjelasan tentang cara memelihara kelinci dan ikan. Kelinci selain bisa dimanfaatkan sebagai hewan peliharaan karena lucu dan menggemaskan juga bisa dimanfaatkan dagingnya untuk sate kelinci. Begitu juga dengan ikan, selain sebagai hewan peliharaan juga bisa dikonsumsi sebagai sumber protein dalam makanan. Bakalan sehat nih badan kita jika menu makanan kita sehari hari ada sayuran dan protein.

Kegiatan pembelajaran di lapangan ini diakhiri dengan memberi makanan pada ikan dan kelinci. Sayang kelincinya malu untuk keluar kandang nih. Tanpa disadari matahari sudah di atas kepala. Saatnya siswa kelas 6 untuk melanjutkan kegiatan dengan istirahat. Lunch time.... sholat dhuhur pun tetap ditegakkan oleh siswa kelas 6 ditengah kegiatan yang cukup melelahkan karena cuaca yang panas dan area pembelajaran yang luas.

Kegiatan pembelajaran di lapangan kali ini semoga bermanfaat untuk siswa siswi kelas 6. Semoga bisa diterapkan dalam kegiatan sehari-hari dengan merawat tanaman dan hewan peliharaan di rumah dengan baik. Bisa juga loh ilmu ini dimanfaatkan di masa depan kalian. Siapa tahu diantara kalian nanti menjadi pengusaha di bidang pertanian dan perternakan. Aamiin...    

(Rohmaya Nurmalasari,S.Si.,S.Pd/ Guru SD)