Berita

ANAK MUDA BANGKIT DAN BERDAYA UNTUK MENUJU INDONESIA HEBAT

02 November 2019

Pada tanggal 28 Oktober 2019 telah diperingati sebuah hari yang sangat berharga yaitu hari Sumpah Pemuda. Hari dimana para pemuda-pemudi Indonesia bersumpah satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa. Sudah terbayang oleh kita bahwa perjuangan mereka tidak mudah, meski perjuangannya adalah membuat 3 sumpah, namun sumpah tersebutlah yang membawa Indonesia ke masa kejayaannya. Sudah semestinya kita para pemuda millenial terus menghidupkan sumpah mereka dan terus menjalankannya selama kita hidup di Indonesia.

Kita memang benar sudah merdeka. Kita juga sudah mempunyai hukum. Namun banyak yang belum sadar bahwa sekarang ini kita sedang dijajah. Tentu mereka tidak datang dengan bala tentara dan senjata. Lantas, mereka menjajah kita dengan apa? Tekonologi. Sudah mustahil rasanya jika kita kemana-mana tidak melihat sebuah teknologi. Kita sendiri saja pasti mempunyai alat teknologi. Dengan kemudahan teknologi kita dimanja. Segalanya bisa kita lakukan. Komunikasi dengan orang secara langsung pun berkurang.

Teknologi bisa menjajah kita karena dari teknologi itulah hal-hal negatif bisa dilakukan. Teknologi membuat kita lalai untuk berinteraksi dan menjalani hidup di dunia nyata. Kita sebagai pemuda-pemudi millenial Indonesia harus sadar akan serangan ini. Kita tidak boleh terpengaruh dampak-dampak negatif dari teknologi. Perkembangan zaman akan terus berjalan dan tidak bisa dihentikan. Kita harus bangkit. Kita tidak boleh berdiam diri. Sudah banyak budaya luar yang masuk ke negara kita. Jangan sampai budaya kita tergantikan oleh budaya luar. Kita adalah Indonesia. Kita harus memegang teguh budaya kita.

Bagaimana kita melawan mereka? Hanya ada satu cara untuk melawan mereka, yaitu bangkit dan bersatu. Kita jadikan Indonesia pedoman utama. Raih ilmu, impian, pengetahuan, dan tambah wawasan kita dengan teknologi mereka. Jauhi hal-hal negatif yang menjerumuskan kita ke dalam kegelapan.

Kita adalah harapan bangsa. Kita adalah pemuda-pemudi yang diharapkan bisa menuntun Indonesia ke masa depan yang lebih baik. Kita harus percaya bahwa kita bisa melakukan sesuatu yang lebih hebat dari pahlawan terdahulu. Maka dari itu marilah kita membawa Indonesia ke masa depan yang cerah. Kita adalah pahlawan-pahlawan millenial yang bisa membawa Indonesia menjadi lebih hebat. Seandainya pahlawan-pahlawan terdahulu itu hidup, mereka seakan-akan berkata, kami titipkan Indonesia kepadamu wahai pemuda-pemudi hebat Indonesia. (Stefan Rizky Adrian kelas X IPS)