Berita

REVITALISASI MORAL, ETIKA, DAN PRODUKTIVITAS PEMUDA SEBAGAI MANIFESTASI BANGSA DALAM MENJAWAB TANTAN

02 November 2019

Sumpah pemuda adalah sebuah peristiwa hasil dari kongres pemuda yang kedua. Sumpah pemuda berisi gabungan gagasan dari seluruh pemuda yang ada di Indonesia yaitu tentang pengakuan pemuda dan pemudi Indonesia akan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, mengakui bangsa Indonesia sebagai bangsa yang akan dibela dan diperjuangkan, dan mengakui satu-satunya tanah air yang dijunjung yaitu tanah air Indonesia.

Berkat adanya sumpah pemuda kemerdekaan Indonesia dapat selangkah lebih maju untuk didapat pada masa itu. Selain kemerdekaan jadi mudah didapat, persatuan juga semakin kuat antar masyarakat Indonesia dari sisi ujung barat hingga timur, selatan hingga utara. Anak muda merupakan pokok terpenting untuk membuat suatu negara kuat dan kokoh. Tetapi semakin berkembangnya zama, sifat persatuan mulai luntur dan lebih mementingkan urusan dan kebersamaan antar masyarakatnya, sikap sopan santun yang diajarkan para orang tua terdahulu juga sudah mulai terlupakan.

Sebagai seorang pemuda dan pemudi penerus bangsa ini di masa depan, kita harus memiliki sikap sopan santun, etika yang baik, menghormati sesama, dan yang terpenting kreatif. Hal ini dikarenakan saingan para anak muda Indonesia tidak hanya di dalam Indonesia tetapi hingga di luar Indonesia dengan bermacam-macam potensi. Serta mempertimbangkan bakat yang dimiliki pesaing dan kesempatan yang kecil untuk berhasil melewatinya.

Sikap semangat berusaha dan kerja keras merupakan poin penting lainnya yang harus selalu ada dalam diri anak muda Indonesia. Tetapi adanya sikap kreatif serta inovatif itu akan menjadi sisi tambahan positif untuk dapat mengahdapi tantangan yang ada yaitu tantangan global. Karena tantangan global merupakan tantangan yang menuntut para pemuda untuk menjadi lebih baik dari yang lebih baik dari segala sisi agar dapat membawa masa depan ke arah dan hasil yang lebih baik.

Mempunyai etika dan sikap yang baik merupakan hal wajib lain yang harus ada karena agar calon penerus selanjutnya harus memiliki sikap baik di samping kepandaian dan bakat yang dimiliki. Jadi sebagai pemudi Indonesia dan calon penerus bangsa harus menjaga dan mempertahankan sikap baik serta mengembangkan diri agar lebih kreatif. (Aanisah Taqiyyah Hanif Rusydah kelas XI MIPA 2)