Berita

SCIENCE E TRIP SISWA KELAS 4 SD AL MUSLIM

01 Oktober 2021

Rabu, 29 September 2021, seluruh siswa kelas 4 SD Al Muslim melaksanaan kegiatan Science e-trip bersama PP IPTEK (Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). Siswa kelas 4 akan meningkatkan keterampilan dan wawasan Sains melalui 2 kegiatan yaitu Kromatofly dan Food Pyramid. Kegiatan Science e-trip ini dilaksanakan secara online melalui zoom dari PP IPTEK.

Pada kegiatan bersama PP IPTEK kali ini anak-anak akan diajak untuk membuat karya dengan tema Kromatofly dan Food Pyramid. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 jam, dimulai pukul 09.30-10.30. Pelaksanaan kegiatan ini membutuhkan beberapa bahan diantaranya disediakan oleh PP IPTEK dan beberapa bahan berasal dari siswa secara mandiri. Pada kegiatan Kromatofly, siswa akan diajak membuat karya berupa model kupu-kupu dengan menggunakan beberapa bahan di antaranya ialah alat bahan dari PP IPTEK, spidol 12 warna, gelas plastik 225 ml, gunting, dan air. Pada kegiatan Kromatofly siswa membuat model kupu-kupu berwarna-warni. Warna-warni pada sayap kupu-kupu tidak dibuat dengan menggunakan spidol secara langsung, namun dibuat dengan menggunakan proses kromatografi kertas. Kromatografi adalah teknik pemisahan warna. Warna hitam dari spidol dengan teknik kromatografi akan diuraikan menjadi beberapa warna, sehingga warna yang dihasilkan akan tampak lebih indah dan alami. Dengan membuat kromatofly ini siswa akan mendapatkan pengetahuan tentang warna.

Kegiatan kedua yang dilakukan anak-anak ialah membuat karya dengan tema Food Pyramid. Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat Food Pyramid ini ialah 1 set alat peraga dari PP IPTEK, pensil warna/spidol, gunting, lem kertas, dan double tape. Pada kegiatan ini siswa diajak untuk mengelompokkan makanan sehari-hari sesuai dengan kandungan gizi di dalamnya. Dengan membuat food pyramid ini siswa belajar tentang kandungan gizi pada makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Siswa akan mengenal makanan yang merupakan sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral beserta kegunaannya bagi tubuh manusia. Pengetahuan tentang gizi pada makanan dapat memotivasi siswa untuk menjaga makanannya agar dapat tumbuh sehat. Siswa juga mampu menghindari atau mengurangi konsumsi makanan yang tak bergizi atau makanan yang mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh.

Dengan kegiatan Science e-trip ini, siswa kelas 4 melakukan kegiatan yang menyenangkan. Belajar sambil bermain. Kegiatan ini juga dapat menambah kesenangan dan ketertarikan siswa dengan Sains. (Ustazah Rohmaya Nurmalasari,S.Pd./ Guru SD)