Berita

OPENING & PROJECT THEME: OURSELVES DI KB-TK AL MUSLIM

14 September 2021

Mengenal diri sendiri merupakan salah satu pilar dari skill leadership dan juga bagian dari tema pembelajaran pada anak usia dini yang dilakukan di KB-TK Al Muslim. Meskipun pembelajaran dilakukan secara daring, namun para ustazah tetap semangat dalam melakukan aktivitas pembelajaran. Banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan yang berhubungan dengan tema diri sendiri, antara lain dengan bernyanyi, bercerita, gerak lagu dan membuat berbagai macam kreativitas.

Senin, Juli 2021 di KB-TK Al Muslim diadakan kegiatan Opening Theme: Ourselves secara virtual via zoom meeting. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengajak anak didik agar mampu mengenal dirinya sendiri dengan baik. Pada kegiatan kali ini, diisi dengan pembelajaran mengenal diri sendiri dengan menyebutkan nama, usia, nama panggilan, hobi, dan nama sekolah. Alhamdulillah beberapa siswa seperti Aisyah, Keyra, Sheza, Kiano, Hisyam dkk berani untuk tampil memperkenalkan diri ke peserta zoom meeting lainnya. Kemudian agar suasana menjadi ceria, anak-anak juga diajak untuk menyanyi tentang diri sendiri dan melakukan gerak lagu tentang anggota tubuh. Anak-anak juga dikenalkan dengan nama-nama bagian tubuh serta cara merawatnya, seperti dengan mengingatkan untuk mandi menggunakan sabun, berkeramas menggunakan sampo, memotong kuku, sikat gigi, memakai/mengenakan pakaian yang bersih, makan makanan yang bergizi serta sering- sering mencuci tangan agar terhindar dari kuman/virus di saat pandemic.

Acara yang terakhir adalah membuat kreativitas dengan menggambar diri sendiri, kegiatan menggambar ini sangat bermanfaat bagi anak usia dini, diantaranya (1). Meningkatkan kemampuan berimajinasi anak, (2). Saat kegiatan menggambar, tangan dan mata saling berkoordinasi, inilah yang kemudian dapat meningkatkan kemampuan/keterampilan motorik anak, (3). Saat menggambar, anak dihadapkan dengan beberapa hal tentang bentuk, objek, serta warna yang akan dipilihnya sehingga dapat melatih kemampuan problem solving, (4). Kebebasan berimajinasi saat menggambar bisa membuat anak memiliki pikiran out of the box, karena mereka terus menggali ide dan imajinasinya.

Selama hampir 4 minggu siswa-siswi kb-tk Al Muslim belajar untuk mengenal dirinya sendiri melalui berbagai macam kegiatan, mereka belajar mengenal identitas diri, mengenal ciri-ciri tubuhnya, juga mengenal makanan/minuman kesukaannya. Diharapkan saat kegiatan project theme: ourselves, yang dilaksanakan pada hari kamis dan jumat (26-27/8), mereka dapat lebih percaya diri ketika tampil dihadapan khalayak secara virtual via zoom meet dengan melakukan perkenalan diri (introducing self), tampil gerak lagu, tampil menyanyi dan juga lebih mandiri ketika mempresentasikan praktik membuat makanan/minuman kesukaannya.

Alhamdulillah acara Opening & Project Theme: Ourselves berjalan dengan baik, siswa-siswi KB-TK Al Muslim melaksanakannya dengan gembira karena mereka melakukan pembelajaran learning by doing. Tetap semangat.. Al Muslim Sekolah Sang Pemimpin (Dewi Suryowati, S.Hum./TK)