Berita

MPLS (MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH) SMP AL MUSLIM TAHUN AJARAN 2021/2022

13 Juli 2021

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh SMP Al Muslim. Tujuan dari kegiatan ini adalah selain bertujuan untuk menyambut siswa baru, kegiatan ini juga berguna untuk mengenalkan ustad ustadzah pengajar, program sekolah, visi-misi sekolah, budaya sekolah, dan masih banyak lagi. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari, yakni dari hari Senin tanggal 12 Juli 2021 hingga hari Kamis tanggal 15 Juli 2021. Dimulai dari pukul 07.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Kegiatan MPLS dengan tema be a new shining generation ini tidak hanya dirancang oleh ustad ustadzah SMP Al Muslim, melainkan berkolaborasi juga dengan pengurus OSIS SMP Al Muslim. Uniknya, pada tahun ini kegiatan MPLS dilaksanakan secara daring. Meskipun secara daring, tidak menyurutkan semangat ustad ustadzah, pengurus OSIS dan peserta MPLS untuk aktif dalam kegiatan ini dan Alhamdulillah seluruh siswa mengikuti kegiatan ini dengan baik.

Pada hari Senin, 12 Juli 2021, kegiatan dimulai dengan pembukaan kegiatan MPLS oleh kepala SMP Al Muslim, Ustadzah Ika Sriyaningsih, S.Pd.. Kemudian dilanjutkan dengan taaruf guru. Taaruf guru ini berguna untuk memperkenalkan ustad ustadzah pengajar di SMP Al Muslim pada siswa baru. Selanjutnya adalah penyampaian materi oleh Ustadzah Ummul Jazilah, M.Pd. yang menjelaskan tentang mengenal program dan lingkungan sekolah. Kemudian materi pengenalan tata tertib oleh Ustadz Yogi Anggara, S.Pd. dan terakhir adalah game kelompok oleh pengurus OSIS. Sungguh luar biasa antusias siswa baru SMP Al Muslim dalam melaksanakan MPLS di hari pertama.

Pada MPLS hari kedua, Selasa, 13 Juli 2021, kegiatan dimulai dengan pemberian materi mengenai Si Alim oleh ustadz Dita Permata Putra, S.Pd.. Si Alim merupakan salah satu platform belajar untuk siswa SMP Al Muslim. Platform ini seperti google classroom namun khusus siswa siswi Al Muslim. Si Alim berisi tentang jadwal pembelajaran tiap kelas, pemberian tugas dan batas waktu pengumpulan pada tiap mata pelajaran, materi-materi, dan lain sebagainya. Setelah materi tentang pengenalan Si Alim, selanjutnya adalah materi mengenai pengenalan kesehatan remaja oleh tim puskesmas. Kemudian dilanjutkan dengan kelas inspiratif oleh wali murid kelas VII SMP Al Muslim, dan terakhir adalah game kelompok oleh pengurus OSIS.

MPLS hari ketiga, Rabu, 14 Juli 2021, dimulai dengan materi oleh Ustadzah Eko Puji Lestari, S.Pd. dan Ustadzah Eka Puji Lestari, S.Pd. yakni tentang belajar budaya ramah lingkungan. Budaya ramah lingkungan adalah suatu budaya yang berupaya untuk mengurangi jejak karbon yang dihasilkan. Selanjutnya adalah materi bela negara oleh tim koramil dan Ice breaking oleh pengurus OSIS.

MPLS hari ke-empat atau hari terakhir, Kamis, 15 Juli 2021. Ada materi Enterpreunership oleh Ustadz Agus Dwi Andi putra, S.Pd, Gr. dan Ustadz Muhammad Nasrullah, S.Th.I., kemudian dilanjut dengan materi say no to NAPZA oleh BNN Sidoarjo, pengenalan pengurus OSIS dan penutupan.

Harapan diadakannya kegiatan ini adalah selain mengenal ustad ustadzah pengajar, program sekolah, visi-misi sekolah, maupun budaya sekolah, siswa baru SMP Al Muslim juga dapat beradaptasi, berkomunikasi maupun berinteraksi dengan baik, dan bisa mencapai tujuan belajar sesuai dengan aturan sekolah.

Jadi, terkhusus siswa baru SMP Al Muslim, selamat datang di SMP Al Muslim. Semoga kita bisa bersinergi dalam gali potensi diri, asah kemampuan diri, jeli, disiplin, dan menjadi pemimpin yang fil ardh ramatan lil ‘alamin. (Ustazah Jiwanti Mahmudah, S.Pd.)