Berita

PERTEMUAN WALI MURID KELAS VII

13 Juli 2021

Mentari masih setia menemani bumi hingga tak terasa hari, bulan dan tahun berganti. Di tengah suasana yang masih diselimuti pandemi tiada henti upaya memperbaiki diri di tahun ajaran ini. Ya, kita dipertemukan kembali dengan tahun ajaran baru 2021/2022. Sebagai bagian dari tonggak atas keberlangsungan masa depan bangsa ini, SMP Al Muslim telah mempersiapkan diri untuk melanjutkan misi mencerdaskan generasi bangsa ini. Salah satu upaya yang dilakukan sebagai wujud adanya jalinan komunikasi antara orangtua dengan sekolah adalah pertemuan wali murid kelas VII. Upaya ini dirasa sangat penting untuk membangun sinergi antara sekolah dengan orangtua. Melalui kegiatan pertemuan wali murid kelas VII ini menjadi sarana orientasi bagi orangtua untuk lebih mengenal sekolah dengan berbagai program-programnya. Dengan demikian diharapkan akan tumbuh rasa memiliki almamater sekolah sehingga dapat memberikan dukungan dan kontribusi positif dalam upaya membangun kemajuan sekolah.

Pertemuan wali murid kelas VII yang dilaksanakan pada Sabtu, 10 Juli 2021 dikemas secara virtual ini dihadiri oleh seluruh orangtua siswa/i yang menempuh jenjang pertama di bangku SMP kelas VII, pengurus yayasan dan jajarannya serta ustadz/ah pengampu mata pelajaran. Kondisi pandemi yang makin darurat bukan sebuah penghalang terlaksananya kegiatan ini. Para orangtua hadir dengan antusias dan semangat dalam menyimak paparan informasi yang diberikan oleh Ustadzah Erlina Nasution selaku Pembina Yayasan Al Muslim Jatim. Pemaparan tentang visi, misi dan program sekolah diperkuat oleh Ustadzah Ika Sriyaningsih selaku Kepala SMP Al Muslim. Pentingnya seluruh warga sekolah memahami visi dan misi sekolah menjadi modal utama orangtua dalam mendukung program-program sekolah. Diantaranya program unggulan tersebut adalah Green Education (GE) dan Leadership. Penanaman pilar-pilar GE dan aspek leadership diharapkan menjadi benteng karakter generasi sang pemimpin yang dibingkai indah dengan kekuatan religiusnya dalam mengaji ayat-ayat kauniyahNya. Adanya inovasi Learning Managemen System (LMS) yang dikembangkan Al Muslim menjadi terobosan baru yang memudahkan siswa, guru, orangtua dan civitas akademik dalam melaksanakan pembelajaran. Orangtua dengan berbagai kesibukannya dimudahkan untuk mengontrol perkembangan belajar putra-putrinya melalui aplikasi android yang bernama Si Alim ( Sistem Informasi Anak Al Muslim). Demikian pula guru dapat mengakses segala macam aktivitas tugas siswa melalui aplikasi android Si Ruri (Sistem Informasi Guru Al Muslim). Inovasi-inovasi yang berbasis IT tersebut turut melengkapi solusi dalam pembelajaran daring. Ketertarikan para orangtua terhadap sekolah membuahkan pertanyaan-pertanyaan yang kritis, unik dan masukan yang membangun. Rasa puas terpancar dari wajah dan senyuman para orangtua mendengar respon jawaban dari Kepala Sekolah.

Pertemuan terasa makin akrab manakala audiensi diberikan Pengurus Badan Pendukung Kegiatan Sekolah (BPKS) memberikan sambutannya dan dilanjutkan dengan pembentukan koordinator kelas (Korkel). Hal ini dirasa penting pula dalam upaya memenuhi kebutuhan koordinasi dan komunikasi terhadap program-program sekolah kepada walimurid. Pertemuan walimurid juga menjadi sarana pengenalan struktur sekolah seperti Kepala Sekolah, Waka, Wali Kelas dan guru. Seperti kata pepatah "tak kenal maka tak sayang" satu persatu guru pengampu mata pelajaran berkenalan dengan para walimurid. Senyum dan tawa menjuntai indah menghiasi suasana pertemuan tersebut. Sebuah awal pertemuan yang baik ini diharapkan menjadi sarana membangun komunikasi yang efektif, solutif dan berkelanjutan dalam menghantarkan siswa/i baru kelas VII menuju tantangan pembelajaran abad 21 yang tangguh dan dapat diandalkan sebagai generasi Sang Pemimpin. Aamiin. (Ustazah Eko Puji Lestari, S.Pd.)