Berita

A-1 CLASS ASSEMBLY KB-TK AL MUSLIM

09 Juni 2021

Aku Anak Indonesia, adalah tema yang diangkat pada acara A-1 Class Assembly KB-TK Al Muslim Jawa Timur. Kegiatan ini merupakan kali pertama pada masa pandemic covid-19. Pandemi covid-19, tidak menyurutkan semangat para pendidik KB-TK Al Muslim melatih rasa percaya diri anak untuk tampil unjuk talenta.

Langkah tepat yang diambil adalah dengan diadakannya kegiatan Class Assembly. Kegiatan Class Assembly merupakan kegiatan unjuk talenta anak melalui virtual. Setiap kelas bebas untuk memilih tema kegiatan. Kelas A-1 yang terdiri dari 19 anak dan 2 ustadza unjuk talenta dalam class assembly bertemakan Aku Anak Indonesia. (8/6/2021).

Class Assembly diadakan secara virtual melalui zoom meeting dan streaming youtube di channel Al Muslim Jatim. Kegiatan ini terbagi menjadi 5 scene. setiap scene diisi dengan kegiatan yang berbeda dan menarik, tentunya yang berhubungan dengan tema Aku Anak Indonesia.

Kegiatan Class Assembly ini terbilang lancar dan sukses. Hal ini terbukti, kostum baju daerah Indonesia yang dipakai anak-anak, virtual background yang sangat mendukung penampilan anak serta antusias orang tua mendampingi putra-putrinya dalam acara ini. Gerak lagu Aku Anak Indonesia menjadi pembuka acara A-1 Class Assembly. Dilanjutkan scene 2 unjuk kebolehan menghafal isi dari Pancasila dilanjutkan dengan menyanyi dan gerak lagu Garuda Pancasila.

Pancasila dan lagu nasional memang sepatutnya dikenalkan sejak usia dini, guna mengenalkan rasa nasionalisme anak pada bangsa dan negaranya. selain itu lagu Berkibarlah Bemderaku juga meramaikan acara class assembly ini. Selain lagu nasional, Tari Jaranan dan tari Ampar-Ampar Pisang merupakan tampilan yang tak kalah seru. Setiap anak berkesempatan untuk berdialog sebelum tampil.

Tari Jaranan dari Jawa, bertujuan mengenalkan bahasa dan budaya Jawa. Anak-anak diajak untuk berdialog menggunakan bahasa Jawa. Tari Ampar-Ampar Pisang dari Kalimantan sebagai scene 5 menutup rangkaian acara A-1 Class Assembly ini.

Tepuk tangan meriah dan ucapan selamat dari orang tua kepada pihak sekolah atas suksesnya acara serta para putra-putrinya bisa tampil dengan percaya diri.

Semoga kegiatan seperti ini mampu menigkatkan rasa percaya diri anak sekaligus belajar meskipun belajar secara online. Kita tunjukkan, meskipun online, kita tetap bisa. Belajar dan belajar. Dimanapun kita belajar, jadikan tempat yang menyenangkan. (Ustadzah Nur Fadhilah/TK)