Berita

ASYIKNYA MEMBANGUN MERCUSUAR DARI BAHAN BEKAS YANG ADA DI RUMAH

08 Juni 2021

Pada Era kebiasaan baru harus dijalani selama pandemi COVID-19 saat ini, penting nya mengembangkan motorik halus pada anak, Perkembangan motorik halus ditekankan pada koordinasi gerakan motorik halus dalam hal ini berkaitan dengan meletakkan atau memegang suatu objek dengan menggunakan jari-jari tangan.

Dalam pengembangan motorik halus salah satunya adalah melalui kegiatan memanfaatkan bahan bekas menjadi media pembelajaran yang mengasyikkan. Hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan motorik halus anak. Motorik halus bagi anak merupakan suatu hal yang sangat penting bagi perkembangan anak. Anak membutuhkan belajar meenggunakan tangan dengan baik untuk ketrampilan hidup.

Selain itu motorik halus anak berpengaruh pada kesiapan anak untuk masuk ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Oleh karena itu anak usia dini harus berkembang motorik halusnya. Jika tidak maka anak akaan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi daalam kehidupannya, motorik halus sangat erat hubungannya dengan aktifitas keseharian anak,

Dengan demikian, melalui kegiatan tersebut, anak diharapkan mampu mengembangkan, motorik halus dan mengajar kepada anak cara memanfaatkan bahan bekas, yang sudah tidak terpakai sehingga menunjang perkembangan motorik halus anak dengan baik dan terampil.

Di sekolah KB TK Al-Muslim, kelompok TK B3 melakukan pembelajaran yang sangat menarik yaitu membuat mecusuar dari barang bekas yang ada di rumah, yaitu stik es cream dan penjepit baju, hari Jumat 4 Juni 202, pembelajaran ini memanfaatkan barang bekas yang ada di rumah supaya bisa di gunakan lagi.

Adapun cara bermainnya langkah pertama siapkan stik es cream dan penjepit baju, kedua stik es cream di jepit pada kedua sisinya dengan penjepit baju, kemudian disusun stik es cream sudah di jepit pada ke dua sisinya ke atas, bisa sampai beberapa tingkatan .

Berbagai reaksi yang di tunjukan siswa ketika bermain membuat mercuasuar dari stik es cream dan jepitan baju, ada yang penasaran, karena belum berhasil membuat beberapa tingkat mercusuar, ada yang agak kecewa karena jatuh terus, nah tugas kita sebagai pendidik memotivasi anak anak , untuk tetap semangat membangun mercusuar yang di inginkan, ada juga yang merasa sangat puas karena sudah berhasil membangun mercusuar yang di inginkan .

Tetap semangat ayah bunda menemani putri putri belajar di rumah, semoga pandemi ini segera berakhir, sehingga bisa untuk belajar dan bermain lagi di sekolah (Ustadzah Mudji /TK Al Muslim)