Berita

SENANGNYA BERMAIN AIR

20 Maret 2021

Selama beberapa bulan terakhir, seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring karena masa pandemi yang belum juga usai. Tentu hal ini mengakibatkan anak merasa bosan. Selain tidak bisa bertemu dengan teman di sekolah, sarana bermain maupun alat-alat bermain bagi anak usia dini tentu sangat terbatas jika di rumah. Tetapi, agar pengetahuan anak usia dini semakin meningkat, maka anak bisa diajak untuk bermain sambil belajar.

Salah satu permainan yang disukai anak-anak adalah bermain air. Permainan air juga banyak sekali manfaatnya bagi perkembangan anak antara lain: perkembangan kognitif, nilai moral agama, bahasa, motorik dan sosial emosi. Nah salah satu permainan air yang disukai anak kelompok bermain kuncup Al Muslim adalah bermain air dengan sabun. Adapun cara bermainnya yang pertama anak mengisi air dalam wadah/ember dengan menggunakan gelas, kedua anak memberi sabun pada air dengan menggunakan sendok, ketiga anak mengocok air yang sudah diberi sabun dengan menggunakan sendok/alat pengocok kue sampai keluar busa, yang terakhir air sabun bisa ditiup dengan menggunakan sedotan dan dapat menghasilkan gelembung.

Bermain mengocok air dengan sabun mencakup beberapa bidang pengembangan antara lain: Fisik Motorik ketika anak mengambil air dengan gelas dan mengocok air sabun dengan menggunakan sendok/ alat pengocok kue, anak-anak akan menggunakan koordinasi otot jari-jarinya mata dan otak supaya air tidak tumpah. Kognitif, ketika anak mengambil air dengan gelas dan sabun dengan sendok, anak belajar untuk berhitung. Bahasa, anak bisa mengerti perintah sederhana ketika ustdaza memberikan perintah dan anak bisa bercerita kalau air sabunya bisa mengeluarkan busa dan gelembung. Sosial Emosional anak bisa bersabar ketika mengambil air supaya tidak tumpah dan ketika mengocok air sampai mengeluarkan busa yang banyak. Nilai moral dan agama anak bisa menyebutkan bahwa air adalah ciptaan Allah dan akan tumbuh pula rasa ingin mengemat air karena air itu banyak manfaatnya dan betapa sulitnya jika hidup tanpa air.

Bermain dengan air sangat cocok diterapkan ketika anak belajar di rumah, karena medianya sangat mudah didapatkan. Media yang dibutuhkan adalah ember, gelas, sendok, air, sabun, alat pengocok kue dan sedotan. Semua media ini sering kita jumpai di rumah.

Semoga melalui kegiatan bermain dengan air, bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk anak-anak serta lebih semangat mengikuti kegiatan pembelajaran secara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) di KB-TK Al Muslim. Semua berharap pada suatu saat nanti dapat segera bersekolah setelah wabah covid-19 terkendali.Aamiin. (Iin Chikmawati/Ustadzah KB-TK Al Muslim)