Berita

MENGOPTIMALKAN TUMBUH KEMBANG ANAK UNTUK KESIAPAN JENJANG PENDIDIKAN BERIKUTNYA

14 Desember 2020

Acara webinar parenting yang digelar KB-TK Al Muslim pada hari Sabtu, 12 Desember 2020 berjalan dengan lancar. Mengusung tema "Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak untuk Kesiapan Jenjang Pendidikan Berikutnya" dengan narasumber Dr. Widya Ayu Puspita, SKM., M.Kes. Pamong Belajar Madya BP PAUD Provinsi Jawa Timur, acara ini sukses diikuti oleh walimurid dan pendidik PAUD dari berbagai daerah di Indonesia, seperti: Sidoarjo, Surabaya, Bireun, Sumut, Kulon Progo, Nganjuk, dan lain sebagainya.

Selaras dengan problem yang dialami masyarakat Indonesia, bahkan di seluruh dunia karena adanya pandemic Covid-19, dimana kecakapan keluarga dalam mendampingi anak-anaknya pada kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) sedang diuji, sedangkan tumbuh kembang anak tetap berjalan meskipun ada wabah. Webinar parenting kali ini berfokus pada bagaimana cara mendampingi anak-anak di rumah dengan mengoptimalkan kemampuannya dengan baik untuk menyiapkan anak-anak memasuki jenjang pendidikan berikutnya.

Menurut Dr. Widya, kompetensi yang diperlukan yang dapat menunjang kesuksesan anak di sekolah, diantaranya tercermin dari kecakapan fisik motorik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional. Kecakapan fisik motorik meliputi: kesehatan-kesiapan fisik anak untuk masuk sekolah, keterampilan motorik kasar dan halus, kesiapan untuk mengikuti semua aktivitas pembelajaran di sekolah dan kemandirian fisik. Kecakapan sosial-emosional meliputi: kerja sama dengan orang lain, kemampuan untuk mentaati peraturan, rasa ingin tahu, belajar dengan tekun dan mampu melakukan pemecahan masalah, perilaku prososial, dan pengendalian diri. Kecakapan kognitif meliputi: rasa ingin tahu, memori, perhatian/fokus/konsentrasi, minat belajar, dan pengetahuan umum. Kecakapan bahasa meliputi: kemampuan anak untuk menggunakan bahasa dengan benar, keaksaraan yang lebih kompleks, berkomunikasi secara jelas untuk mengungkapkan kebutuhan dan pemikiran dengan cara yang dapat dimengerti oleh orang dewasa dan anak-anak lain, kemampuan untuk memahami orang lain.

Ciri anak yang siap sekolah diantaranya: rasa ingin tahu tinggi, daya nalar berkembang, memiliki rasa percaya diri & kontrol diri (fokus, konsentrasi, penuh pertimbangan), kreativitas, senang belajar & bersekolah, keterampilan sosial baik (komunikasi, interaksi), dan mampu beradaptasi. Saksikan informasi lengkapnya tentang Webinar Parenting ini di YouTube Channel Al Muslim Jawa Timur. Semoga bermanfaat. Ustdzah Triana Dewi/KB-TK Al Muslim)