Berita

AJANG KREATIVITAS SANG PEMIMPIN

25 November 2020

Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang dalam usaha pendewasaan diri melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Melalui dunia pendidikan seorang anak dapat mengembangkan potensi diri yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat nantinya. Dalam proses pendidikan diperlukan keseimbangan fungsi otak kanan dan otak kiri. Ketika otak kanan sedang bekerja maka otak kiri cenderung lebih tenang demikian pula sebaliknya. Otak kanan berfungsi dalam hal persamaan, khayalan, kreativitas, bentuk atau ruang, emosi, musik, warna, dan daya ingat bersifat panjang. Sedangkan otak kiri berfungsi dalam perbedaan, angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan, dan logika.

Untuk itu dalam mengasah kemampuan anak, menjadikan anak menjadi seorang Pemimpin yang khalifatullahfil ardl yang rahmatan lil alamin diperlukan keseimbangan otak kanan dan otak kiri. Demikian pula agar potensi pada diri anak di berbagai bidang pengembangan dapat tersalurkan dan diarahkan dengan baik, SD Al Muslim menyelenggarakan beberapa lomba bagi siswa TK di area Sidoarjo-Surabaya. Pada kenyataannya ratusan peserta yang mengikuti lomba banyak yang berasal dari provinsi lain, membludak hingga keluar Jawa.

Penyelenggaraan lomba kali ini dilaksanakan secara virtual karena SD Al Muslim menjalankan anjuran pemerintah. Kegiatan ini juga dalam rangka mendorong kreativitas anak selama belajar mandiri di rumah selama masa new normal serta untuk memutus rantai penyebaran Covid 19.

Berpijak dari kerangka berfikir di atas SD Muslim mengadakan Lomba Ajang Kreativitas Sang Pemimpin. Kegiatan Lomba Ajang Kreativitas Sang Pemimpin tahun ajaran 2020/2021 berlangsung selama 1 bulan, yang mengambil tema "Tumbuhkan Jiwa Kepahlawanan dan Kepemimpinan dalam Diri".

Tujuan kegiatan acara ini antara lain:
1. Mengasah kemampuan dan menjadikan anak menjadi seorang Pemimpin
2. Mengembangkan keterampilan seni dan menumbuhkan kreativitas anak dalam berkompetisi secara sportif, percaya diri, disiplin, dan bertanggung jawab.
3. Menumbuhkan sikap kerjasama dengan orang lain terutama anggota keluarga.

Lomba-lomba yang diadakan antara lain; menyanyi lagu nasional, hafalan surat, mendongeng, mewarnai, dan membuat video kreatif berkaitan dengan himbauan mematuhi protocol kesehatan. Tampilan peserta lomba sangat menarik, mereka mampu menunjukkan berbagai bakatnya dalam menyambut hari Pahlawan tahun ini. Selamat untuk para pemenang lomba tahun ini.

Ajang kreativitas ini ditutup dengana cara pamungkas webinar bersama Kak Bimo (Pendongeng Nasional) pada hari Sabtu, 21 November 2020. Webinar ini mengajak para guru juga orang tua untuk mencari ahu tips mengajar anak dengan suasana menyenangkan selama PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Kita tunjukkan bahwa pandemi covid-19 tidak mengalahkan semangat juang dalam mencari ilmu. (Ustadzah Dewi/ Guru SD)