Berita

SEMANGAT CINTA RASULULLAH WALAU PUN DIRUMAH SAJA

26 Oktober 2020

Milad Nabi Muhammad SAW tidak hanya sekedar menjadi perayaan hari besar umat Islam saja, namun juga sebagai cara untuk merefleksikan serta memotivasi setiap insane muslim, agar mampu mengimplementasikan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu SD Al Muslim merayakan bersama hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan mengenal dan mengingat kembali perjuangan Rasulullah sehingga kita mampu membiasakan perilaku terpuji dalam diri. Kami ingin menunjukkan bahwa pandemi covid-19 tidak mengalahkan semangat juang kita keluarga besar SD Al Muslim untuk senantisa mencintai dan meneladani Rasulullah SAW.

Peringatan mauled Nabi Muhammad tahun ini mengusung tema "Membentuk generasi berakhlakul Karimah dengan meneladani Rasulullah SAW". Melalui peringatan ini, kami ingin mengingatkan kembali siswa-siswi SD Al Muslim untuk selalu meneladani Nabi sebagai panutan umat islam sebab dalam diri Nabi terdapat teladan yang baik. Seperti Firman Allah SWT yang dibacakan oleh Ananda Hasna kelas 6 dan sebagai sari tilawahnya Ananda Al Ghani kelas 6.

Yang artinya "Sesungguhnya telah ada pada ( diri ) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut nama Allah." ( Qs. Al-Ahzab:21 )

Kegiatan ini melibatkan segenap jajaran pendidik, kepala sekolah, tim guru PAI dan seluruh siswa SD Al Muslim. Kegiatannya dilakukan secara virtual melalui Zoom Meet dan Live You Tube Al Muslim Jatim pada hari Senin, 26 Oktober 2020 pukul 08.15-10.00 WIB.

Dalam kegiatan ini kami mengundang Ustaz Ahmad Rifai Hatala untuk memberikan motivasi dan semangat kepada siswa-siswi SD Al Muslim melalui kisah kelahiran dan perjuangan Rasulullah pada masa hidupnya sehingga mampu menumbuhkan semangat untuk mencintai Rasulullah dengan meneladani perilakunya dalam kehidupan sehari-hari.

Acara ini di awali dengan pembukaan oleh ustadzah Wiwik selaku MC, kemudian pemutaran video kreativitas siswa dengan menampilkan "The Story of Prophet Muhammad Saw ". Dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Ananda Hasna dan sari tilawah oleh Al Ghani. Acara dilanjutkan itu sambutan Ibu kepala sekolah dan acara inti yakni tausiyah oleh Ustaz Ahmad Rifa'i Hatala.

Sebagai bentuk interaksi untuk mengetahui pemahaman siswa, maka diadakan sesi Tanya jawab dengan pemateri. Dalam kegiatan ini sebagai motivasi bagi siswa, panitia menyiapkan 8 doorprize bagi penanya yang terbaik pertanyaannya baik yang bertanya melalui zoom maupun melalui youtube. Semoga kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini bias memotivasi siswa untuk selalu menjadi pribadi yang khalifah fil ardh yang rahmatan lil 'alamiin dengan meneladani akhlak terpuji Rasulullah SAW. *Ustadzah Ummi Rahmatillah/SD