Berita

SEMARAK HUT RI VIRTUAL, SD AL MUSLIM ADAKAN BERBAGAI LOMBA

25 Agustus 2020

Peringatan Hari Ulang Tahun Kemedekaan ke-75 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sorak sorai para siswa yang biasanya terdengar di sekitar lingkungan sekolah, kini hanya bisa kita dengarkan dari media elektronik secara virtual. Namun hal itu tidak mematahkan semangat anak-anak untuk menjadi juara dalam lomba yang diadakan SD Al Muslim.

Di tahun yang spesial ini, diwarnai adanya pandemi covid 19, SD Al Muslim mengadakan berbagai rangkaian kegiatan lomba yang diikuti oleh seluruh siswa mulai dari kelas 1-6. Di antaranya lomba warnai kemerdekaan yang diikuti oleh siswa kelas 1. Dalam kegiatan ini, anak-anak disediakan satu gambar oleh panitia kemudian para siswa mewarnai dengan alat pewarna yang ada di rumah. Lomba kedua, gradasi kemerdekaan yang diikuti siswa kelas 2. Hampir mirip dengan lomba yang diikuti oleh siswa kelas 1, namun yang membedakan ialah siswa disediakan satu gambar kemudian diminta untuk mewarnai secara gradasi. Disini, gambar yang disediakan pun berbeda tingkat kesulitannya dengan gambar untuk siswa kelas 1. Lomba ketiga ialah seruan kemerdekaan. Siswa kelas tiga membuat sebuah video yang berisikan tentang seruan kemerdekaan sebagai bentuk semangat mereka dalam menyambut hari kemerdekaan.

Lomba yang diikuti siswa kelas 4 yaitu puisi kemerdekaan. Siswa membuat puisi dengan hasil karya pribadi tanpa melihat ataupun mengambil contoh dari berbagai media. Anak-anak dilatih untuk membuat sebuah tulisan hasil karya mereka, sebagai wujud cinta tanah air terhadap bangsa Indonesia. Komik kemerdekaan ialah lomba yang diikuti oleh siswa kelas 5. Anak-anak dilatih untuk bisa menjadi komikus negeri yang handal yang mampu menciptakan sebuah cerita bertema “kemerdekaan” yang diwujudkan dalam bentuk komik. Lomba yang terakhir ialah hias rumah kemerdekaan. Meskipun kegiatan lomba tersebut dilakukan di rumah, seluruh siswa antusias dalam mengikutinya. Seluruh siswa kelas 6 berlomba-lomba membuat kreasi hias rumah bertema kemerdekaan dengan bekerjasama dengan seluruh anggota keluarga.

Harapan adanya kegiatan ini adalah supaya tetap menumbuhkan semangat para siswa dalam menyambut kemerdekaan RI ke-75 saat kondisi new normal, serta mampu mengasah kreativitas para siswa yang diwujudkan dalam berbagai bentuk lomba. Semoga pandemic ini segera berakhir dan musnah dari muka bumi, sehingga anak-anak bisa belajar bersama di sekolah bersama guru dan teman-temannya.

Merdeka... merdeka... merdeka... Indonesia Maju... Jayalah negeriku... Jayalah bangsaku. (Ustadzah Widian Maisaroh/ Guru SD).