Berita

MAGIC SCIENCE "BIG BUBBLE": BELAJAR ASYIK, DI TENGAH PANDEMIC YANG MENGUSIK

25 Agustus 2020

Tidak pernah disangka dan dinyana oleh siapapun, bahwa kita mengalami pandemic virus yang tidak kunjung berakhir. Hal ini pun berpengaruh besar pada dunia pendidikan. Covid-19 telah berhasil membuat cara belajar seluruh anak Indonesia berubah. Dari yang tadinya anak-anak asyik dan rajin masuk sekolah setiap hari senin hingga jumat untuk belajar, bermain, mengaji, dll, menjadi 100% belajar di rumah. Bosan? Ya... pastinya tak jarang rasa bosan itu datang. Karena hari-hari, pembelajaran daring hanya bisa dilakukan lewat PC, Laptop atau HP yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Berbagai upaya dan variasi penyampaian materi pembelajaran terus dilakukan guna mengurangi kebosanan yang terjadi tersebut, salah satunya dengan memanfaatkan media social seperti instagram. Melalui instagram live, anak-anak bisa belajar di rumah sekaligus mempraktikan pembelajaran yang guru lakukan. Banyak sekali percobaan yang sudah ustadzah Al Muslim lakukan via instagram live, salah satunya adalah percobaan Magic Science: big bubble atau bermain meniup gelembung besar untuk siswa KB-TK Al Muslim bersama ustadzah Triana dewi pada hari Kamis, 14 Mei 2020. Dengan memanfaatkan bahan sederhana yang ada di rumah, anak-anak bisa melakukan percobaan mudah ini dengan hasil yang tidak biasa. Lalu apakah kira-kira yang membuatnya berbeda? Baca dengan seksama yaa...!

Pertama yang harus dipersiapkan adalah alat dan bahan. Alat dan bahan untuk percobaan Magic Science: Big Bubble ini sangat mudah didapatkan. Diantaranya adalah: sabun cuci piring atau sabun cair lainnya, gula, air, sendok pengaduk, sedotan, gunting, dan gelas atau mangkuk kecil. Langkah percobaannya sebagai berikut:
1. Masukan air seperempat gelas, 2 sendok makan gula dan 3 sendok sabun cair aduk semua bahan hingga larut. Takaran bisa disesuaikan hingga ditemukan kekentalan cairan yang pas. Supaya lebih seru, sambil mengaduk bernyanyi: Make a bubble (big... big... big 6x), Make a bubble big... big... big... , hello... hello... hello...


2. Lalu siapkan sedotan. Belah ujung sedotan menjadi 4 bagian, lalu buka dan tekuk keluar.


3. Celupkan sedotan ke dalam cairan, angkat lalu tiup perlahan hingga bubble/gelembungnya bertambah besar.

Percobaan asyik ini berhasil membuat gelembung besar dengan bantuan ujung sedotan yang dibelah dan gula. Fungsi gula sendiri adalah mengentalkan cairan sehingga gelembung/bubble yang ditiup lama tidak akan mudah meletus.

Kegiatan meniup gelembung sangat baik dan efektif dalam merangsang kemampuan berbicara anak, khususnya usia 2-3 tahun. Saat anak meniup gelembung otot-otot lidahnya berkontraksi untuk membantu pengambilan nafas dari dalam paru-paru. Jika kegiatan meniup dilakukan terus menerus, maka akan membantu meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Selain itu manfaat dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan motorik halus anak, yaitu gerakan koordinasi antara mata dan tangan. Selain itu variasi memainkan gelembung juga akan meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak, misalnya ketika ayah/bunda meniup maka anak bisa diintruksikan untuk memecahkan gelembungnya. Secara tidak langsung anak akan melakukan gerakan melompat, meloncat, jongkok, dan lain sebagainya yang membantu melatih gerakan kelincahan dan keseimbangan tubuh. Asyik sekali bukan? Bagi yang penasaran, percobaan Magic Science: Big Bubble ini masih bisa disaksikan di Instagram atau YouTube Channel Al Muslim Jawa Timur. Yuk segera bergabung bagi yang belum. Banyak sekali aktivitas seru lainnya yang bisa disaksikan. Semoga bermanfaat...

Amiiiiiin... Al Muslim ! Sekolah Sang Pemimpin! Ustadzah Triana Dewi/KB-TK Al Muslim