Berita

PERANAN ORANG TUA DALAM PENGAMBILAN HASIL OBSERVASI PERKEMBANGAN ANAK

11 Mei 2020

Pada tanggal 14 Maret 2020 orang tua siswa KB-TK Al Muslim ada kegiatan Dialog Interaktif dengan narasumber Dr.Sasanti Yuniar, SpKJ (K) (Psikiater anak dan remaja) tentang ‘’Pola Asuh Sebagai Landasan Pembentukan Kepribadian yang Tangguh’’ dan pengambilan hasil observasi perkembangan anak. Dalam pengambilan observasi siswa peranan guru dan orang tua sangatlah penting. Peranan orang tua dalam pendidikan anak dalah pendidikan yang utama. Orang tualah yang memiliki tanggung jawab, kewajiban, dan kuasa untuk menjadikan anak seperti apa. Guru yang memiliki kewenangan untuk memberikan pendidikan yang dipercayakan oleh orang tua. Kerjasama antara orang tua dengan guru sangatlah penting untuk mengetahui perkembangan pendidikan anak.

Hasil observasi ini diberikan untuk memberikan informasi kepada orang tua mengenai kemajuan perkembangan anak didik selama di sekolah secara terus menerus dan dilakukan dalam 3 bulan (mulai bulan Januari-Maret 2020), sekaligus dapat digunakan untuk menentukan tindakan berikutnya dari hasil evaluasi/pengamatan yang sudah dilakukan.

Hasil Observasi anak merupakan kegiatan mengomunikasikan dan menjelaskan hasil penilaian tentang perkembangan anak setelah mengikuti layanan/kegiatan pembelajaran di satuan PAUD.Pelaporan berupa checklist dan deskripsi tentang perkembangan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak. Hasil observasi perkembangan anak dibuat secara tertulis oleh pendidik. Penyampaian hasil observasi dilakukan secara tatap muka sehingga dimungkinkan adanya hubungan dan informasi timbal balik antara pihak guru dengan orang tua.

Aspek-aspek pengembangan hasil observasi anak yang diamati meliputi :
1. Nilai agama dan moral (Kemampuan anak untuk bersikap dan bertingkah laku)
2. Fisik Motorik (Motorik kasar dan halus)
3. Kognitif (Mengenal pengetahuan umumdan mengenal konsep ukuran, bentuk, dan pola)
4. Bahasa (Menerima bahasadan mengungkapkan bahasa)
5. Sosial Emosional (Kemampuan anak untuk beradaptasi dengan lingkungan yang melibatkan emosi, pikiran dan perilaku)
6. Seni (Keahlian membuat karya yang indah)

Semoga hasil observasi perkembangan anak yang diterima mendapatkan hasil yang memuaskan dan membanggakan buat orang tua untuk memotivasi ana serta menjadikan generasi muslim khalifatullah fil ardl yang rahmatan lil alamin. (Heny Ismiya, KB-TK Al Muslim)