Berita

PEMIMPIN CILIK BERLATIH SIMULASI BANJIR DAN GEMPA BUMI

04 Maret 2020

Bencana alam adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat. Pada umumnya bencana alam terjadi karena adanya perubahan pada kondisi alam baik secara perlahan maupun secara ekstrem. Selain itu, bencana alam dapat terjadi karena ada faktor campur tangan manusia yang tidak bertanggung jawab, misalnya penebangan pohon yang berlebihan yang menyebabkan tanah longsor.

Hari ini, Rabu, 4 Maret 2020 KB-TK Al Muslim sang pemimpin cilik mengikuti kegiatan simulasi bencana alam yang bekerjasama dengan YDSF dan BPBD. Awal kegiatan di buka dengan perkenalan oleh pihak YDSF dan BPBD serta sekilas menjelaskan tentang bencana alam antara lain, banjir, angin puting beliung, gempa bumi, dll. Para pemimpin cilik juga mempraktikkan cara melindungi diri pada saat ada bencana alam gempa dengan gerak dan lagu.


Lagu Mitigasi bencana:
Kalau ada gempa lindungi kepala
Kalau ada gempa jauhilah kaca
Jangan lupa doa, bersiaplah antri
Berbaris keluar kumpul di lapangan 2X

Selanjunya Sang Pemimpin Cilik di ajak nonton bareng tentang simulasi Banjir, gempa bumi dan angin puting beliung (sebelum, saat bencana dan setelah bencana). Tujuannya supaya anak-anak sejak dini dapat mengenal dan mempraktikkan cara melindungi diri pada saat terjadi bencana alam.

Pada saat praktik evakuasi simulasi bencana, sang pemimpin cilik di arahkan untuk masuk kelas dan bersiap mendengarkan bunyi sirine. Bunyi sirine yang pertama bertanda terjadinya gempa, para pemimpin cilik bersiap dapat melindungi diri dengan bersembunyi di kolong meja atau mencari benda untuk melindungi kepala(tas), bunyi sirine selanjutnya sang pemimpin cilik keluar dan mencari jalur evakuasi ke titik kumpul yang ada di luar sambil memegang kepala supaya bagian kepala tetap aman. Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar. Terima kasih Bapak Subandi dan kak Alfin yang sudah berkunjung ke KB-TK Al Muslim. (Ustadzah Dewi Nasuhah/TK)