Fasilitas

Sebelum tahun 2007, perpustakaan AlMuslim masih berupa perpustakaan yang berada di masing-masing unit pendidikan. Keberadaan perpustakaan yang terpisah dirasakan kurang efektif baik dari segi pengelolaan, pelayanan, maupun pengadaan koleksi buku. Lembaga kemudian memfasilitasi dengan mengembangkan perpustakaan induk yang berada di satu unit gedung pada tahun 2008. Sejak saat itu, perpustakaan induk AlMuslim mulai beroperasi.

Saat ini perpustakaan induk AlMuslim memiliki 12.500 koleksi buku yang melingkupi semua unit pendidikan. Termasuk juga adanya perpustakaan khusus guru. Di dalamnya terdapat buku-buku tentang pengembangan kemampuan guru. Sehingga para guru AlMuslim dapat mengembangkan kemampuan mereka agar dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan lebih baik sehingga siswa mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan.

Perpustakaan induk AlMuslim, sebagai bagian dari PSB AlMuslim telah dilengkapi dengan system yang terkomputerisasi sehingga aktivitas perpustakaan bisa berlangsung secara cepat dan efisien. Ruangan yang nyaman, data base buku yang mudah di akses, dan fasilitas internes via wifi merupakan bagian dari pelayanan kepada para pengunjung perpustakaan AlMuslim. Perpustakaan AlMuslim akan terus berusaha untuk meningkatkan standar pelayanan dan koleksi buku untuk memenuhi harapan semua pihak.

Sebagai pioneer dari pengembangan PSB, tim produksi media telah mengembangkan dan memproduksi buku sains SD serta buku Green Education yang memiliki ke khasan tersendiri. Buku-buku hasil pengembangan PSB ini memiliki ciri khas AlMuslim yang tidak terdapat dalam buku-buku pelajaran yang banyak dijual di pasaran yaitu kandungan materi pelajaran yang lebih mendalam dan banyak melibatkan siswa dalam kegiatan inquiry (mencari jawaban sebuah permasalahan oleh siswa sendiri). Proses ini membuat pembelajaran menjadi hal yang menyenangkan bagi siswa. Dengan menganut sistem Full Day School dan komitmen sekolah untuk memajukan iptek melalui penambahan jam pelajaran Sains maka pembuatan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan adalah hal yang mutlak untuk dipenuhi.

Pengembangan media pembelajaran yang lebih inovatif dan menarik, memberikan peluang berkembangnya tim produksi media ke ranah media pembelajaran elektronik / multimedia. Tim produksi media pembelajaran elektronik / multimedia bertugas mengembangkan dan memproduksi media-media pembelajaran berbasis e-learning. Yaitu media pembelajaran yang menggunakan media audio, video, dan komputer (multimedia). Tim ini didukung oleh Tim Gugus mata pelajaran yang bertugas mengembangkan materi pelajaran berdasarkan silabus Diknas yang dikombinasi dengan kurikulum khas AlMuslim yaitu Leadership dan GE dan untuk membuat, mengoleksi, dan mengevaluasi soal-soal ujian bagi para siswa.

Ruangan ini berada di lantai 2 gedung PSB AlMuslim. Terdiri atas 10 unit komputer yang terhubung dengan internet dan database PSB, memungkinkan akses pengguna untuk mendapatkan informasi dari berbagai sumber. Koneksi internet disediakan gratis bagi semua pengguna computer untuk berselancar mencari bahan di dunia maya, sedangkan Data base PSB berisi media pembelajaran, bank soal, bank foto, video pembelajaran, dan bahan-bahan belajar lainnya. Ruangan ini bisa dimanfaatkan oleh semua pihak untuk belajar secara mandiri setiap saat.